fbpx

Cara Menggoreng Agar Tetap Krispy

Ada bermacam macam teknik dan teori dalam menggoreng, tetapi tujuannya hanya satu yakni hasil gorengan krispy, renyah, kandungan minyaknya tidak berlebihan.

Di Pisangku Krezz, anda juga akan diinfokan cara cara menggoreng yang baik agar produk yang dihasilkan sesuai dengan kriteria diatas. Ingin belajar menggoreng ??? Yuk disimak artikel berikut :

  1. Gunakan minyak baru – Minyak baru tentunya lebih sehat dan warnanya juga masih kuning keemasan. Tahukah Anda risiko menggunakan minyak goreng berulang kali? Risikonya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Pasalnya, jika digunakan secara berulang, minyak goreng justru akan menurunkan mutu dari suatu pangan; seperti penurunan kadar protein dan airnya. Ketika digunakan kembali, minyak goreng akan mengalami proses degradasi, oksidasi, dan dehidrasi yang disebabkan suhu panas yang tinggi. Nah, saat itu munculah radikal bebas yang bersifat karsinogenik yang menempel di jaringan sel. Karsinogenik ini molekul yang dapat merusak sel dan memicu terjadinya kanker. Oleh karena itu usahakanlah selalu menggunakan minyak baru.
  2. Untuk hasil gorengan dengan kandungan minyak yang tidak terlalu banyak maka kita harus menggoreng di saat suhu minyak sudah pas untuk digunakan yakni sekitar 180 derajat celcius. Nah, kalau kita tidak memiliki termometer di rumah gunakan sudet kayu untuk mengetesnya. Saat minyak sudah cukup panas, coba turunkan sudet kayu di minyak tersebut. Jika sudah muncul buih buih berarti minyak sudah cukup panas dan siap digunakan untuk menggoreng.
  3. Jika anda menggunakan tepung kreing sebagai baluran, maka setelah digulingkan pada tepung kering segera digoreng. Jangan menunggu atau menyimpannya terlalu lama karena akan menyebabkan lumuran menjadi lembap, keras, susah matang, dan hasil akhirnya cenderung keras, tidak renyah.
  4. Gunakan racikan tepung yang komposisinya tepat untuk menghasilkan kerenyahan dan garing yang sempurna. Hal ini sangat penting untuk hasil akhir sesuai yang diinginkan.
  5. Adonan yang digunakan harus memiliki kekentalan yang sesuai. Adonan yang terlalu kental akan berakibat pada hasil gorengan lebih banyak menyerap minyak karena proses penggorengan yang lebih lama. Akhirnya gorengan akan cepat melempem.
  6. Minyak yang digunakan jumlahnya harus cukup sehingga bahan masakan terendam sempurna. Hal ini dimaksudkan agar bahan masakan matang sempurna disetiap sisinya.
  7. Saat menggoreng, usahakan jumlah bahan masakan yang masuk ke wajan tidak terlalu penuh. Jika jumlahnya banyak maka bagilah menjadi beberapa kali. Hal ini dimaksudkan agar suhu minyak tetap stabil sehingga hasil gorengan tetap renyah.
  8. Banyak orang berpikir bahwa dengan proses penggorengan lebih lama, maka gorengan yang dihasilkan semakin renyah. Hal ini tidak benar dan tidak menjamin kerenyahan tersebut akan bertahan lama.

Jadi mari kita galakkan hidup lebih sehat, yang mana salah satunya dengan menggoreng yang benar agar tidak memberi pengaruh negatif untuk tubuh kita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
error: Content is protected !!
Chat dengan kami
Ingin informasi lebih lanjut?
Hallo, apa yang dapat kami bantu?
Powered by