fbpx

Jenis Jenis Pisang di Indonesia

20 Jenis Pisang yang Dikonsumsi dan Dijual di Indonesia

Pisang merupakan buah yang selalu dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan vitamin dan karbohidrat menjadikan buah pisang dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam makanan olahan sehingga tidak jarang kita melihat produk makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasarnya. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok yang tersusun menjari yang biasanya disebut sisir.

Berikut ini adalah jenis jenis pisang yang populer dan banyak dikonsumsi di Indonesia :

1. Pisang Raja

Ciri – ciri : Buah yang melengkung sedikit keatas, kulitnya tebal namun sedikit kasar. Apabila belum masak atau matang makan pisang ini berwarna hijau dan kemudian berubah warna menjadi kuning keemasan.

Keunggulan : Aroma harum, rasanya legit dan manis.

Ukuran : Standar

Pengolahan terbaik : Dikonsumsi langsung tanpa terlebih dahulu digoreng ataupun direbus maupun dikukus.

Pengolahan alternatif : Dijadikan keripik pisang atau pisang sale. Namun untuk pengolahan ini biasanya digunakan pisang yang belum matang atau yang masih berwarna hijau.

2. Pisang Ambon Lumut
Ciri – ciri : Berbentuk lurus dengan panjang 15-17 cm, diameter 42 mm, kulit cukup tebal. Tetap berwarna hijau meskipun sudah matang, jika sudah terlalu matang warnanya kekuning-kuningan bercak coklat.

Keunggulan : Pisang ini memiliki aroma yang harum tanpa biji. Aroma yang terkandung pada buah pisang ini sangat harum dan memiliki rasa yang tinggi daripada jenis pisang ambon yang lain.

Ukuran : Buah yang berwarna lebih putih dan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis pisang ambon lainnya.

Pengolahan terbaik : Dapat dikonsumsi secara langsung.

3. Pisang Barangan
Ciri-ciri : Tekstur lurus dengan panjang sekitar 11 cm dan berdiameter 30 mm. Daging buah pisang barangan berwarna kuning sedikit putih, rasanya manis dan tidak berbiji.

Keunggulan : Memiliki kandungan gizi yang cukup untuk tubuh. Diantaranya adalah setiap 100 gram pisang barangan mengandung energi 110 kal, karbohidrat 25,8 gr, protein 1,2 gr dan vitamin C 3 gr.

Pengolahan terbaik : Dapat dikonsumsi secara langsung. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut pada acara-acara pesta.

4. Pisang Raja Sereh
Ciri – ciri : Warna kuning kecoklatan namun jika sudah matang akan berbintik cokelat gelap. Daging berwarna putih dengan tekstur lunak dan rasa sedikit asam.

Keunggulan : Banyak kandungan yang menyehatkan tubuh yakni setiap satu buah pisang sereh mengandung energi sebesar 110 kkal, protein 1,2 gr, karbohidrat 31,1 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 7 mg dan fosfor 29 mg. Selain itu pisang raja sereh juga mengandung aneka vitamin diantaranya vitamin A, B10 dan C.

5. Pisang Mas
Ciri – ciri : Pisang ini memiliki warna keemasan saat matang dengan kulit yang tipis. Tekstur yang halus dengan daging buah yang beraroma harum dan manis.

Keunggulan : Kulit pisang mas memiliki kemampuan menyerap racun-racun seperti halnya residu bahan-bahan kimia berbahaya. Sehingga pisang ini aman dan layak dikonsumsi. Manfaat buah pisang ini sangat baik bagi anak balita karena selain rasanya yang manis dan harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan buah pisang lainnya.

Selain yang kita cirikan diatas, pisang mas berbentuk kecil dan terbilang mungil. Banyak diacara-acara pesta, wirid ataupun kenduri menyajikan pisang jenis ini sebagai makanan pencuci mulut.

Pengolahan terbaik : Sangat cocok untuk dimakan langsung dan digoreng.

6. Pisang Kepok

Ciri – ciri : Pisang kepok bertekstur tebal dengan daging buah berwarna krem dan halus serta berwarna hijau ketika mentah dan kuning saat sudah matang.

Ada dua tipe Pisang Kepok yakni Pisang Kepok Putih dengan ukuran dan bentuk yang besar (rasanya agak asam, biasa digunakan untuk panganan burung) dan Pisang Kepok Kuning dengan ukuran yang lebih kecil (rasanya lebih manis dan legit, umumnya sebagai bahan utama pisang goreng)

Keunggulan : Mengkonsumsi buah pisang kepok dapat mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.

Pengolahan terbaik : Direbus atau Digoreng. Pisang kepok sendiri banyak diolah seperti direbus atau dikukus. Dan juga dijadikan bahan utama dalam pembuatan kue atau bolu.

7. Pisang Raja Molo
Ciri – ciri : Jenis pisang ini memiliki panjang sekitar 12 cm dengan diameter 2,4 cm dan berat 100 g. Umumnya setiap sisir terdiri dari 10-13 buah dengan tiap buah berwarna kuning kemerahan tanpa biji.

8. Pisang Giant Cavendish
Ciri – ciri : Buah pisang Cavendish merupakan jenis pisang dengan komoditi ekspor terbesar di Filipina. Secara fisik buah ini memiliki panjang 15-22 cm dengan diameter 3-4 cm. Daging buah ini sangat lembut dengan rasa yang manis dan aroma harum. Saat matang kulitnya akan tampak berwarna kuning cerah.

Dalam satu tandan buah pisang Cavendish terdapat 14-20 sisir dengan tiap sisir berisi 16-20 buah. Buah ini dapat disimpan sampai 28 hari.

9. Pisang Kluai Hong Thong
Ciri – ciri : Mirip seperti Giant Cavendish namun tandanya berukuran kecil dan pelepahnya berwarna merah jambu pucat. Secara fisik memiliki kulit yang cukup tebal dengan warna kuning saat matang.

Keunggulan : Aroma yang harum dan rasanya yang manis sangat cocok dijadikan bahan olahan makanan.

Ukuran : Setiap buah memiliki panjang 15-22 cm dan berdiameter 3-4 cm. Namun setiap tandannya hanya berisi 4-6 sisir saja dengan berat 10-12 kg.

10. Pisang Nangka
Ciri – ciri : Tekstur buah tebal berwarna hijau meskipun sudah matang. Namun jika sudah terlalu matang akan berubah warna menjadi kuning tetapi akan lembek jika disentuh. Sangat populer di Indonesia dan Malaysia.

Keunggulan : Rasanya manis dengan sedikit asam dengan aroma yang sangat harum.

Setiap sisirnya buah ini terdiri dari 14-24 buah. Pisang ini baru bisa dipanen saat berumur 138 hari setelah tumbuh bunga dari pokok yang ditandai dengan berwarna kuning.

11. Pisang Tanduk
Ciri – ciri : Di kawasan negara ASEAN penyebutan pisang ini berbeda-beda. Kalau di Thailand disebut kluai nga chang sedangkan di Filipina menyebutnya tindok. Pada sebagian negara di dunia menjadikan pisang ini sebagai makanan yang sangat penting seperti negara India sebelah utara tengah dan timur, Afrika dan Amerika Tengah.

Pisang tanduk memiliki panjang 25-35 cm dengan diameter 6-7 cm. Setiap sisirnya terdiri dari 10-15 buah dengan berat bisa mencapai 7-10 kg.

Pengolahan terbaik : Jenis pisang ini tidak enak jika dikonsumsi langsung, namun akan berasa manis dan enak saat dimasak.

12. Pisang Ambon Putih
Ciri – ciri : Pisang jenis ini kalau di Filipina disebut pisang ambon namun di Thailand dan Malaysia menyebutnya kluai hom dok maid an pisang embun. Berbeda dengan pisang ambon lumut, bentuk pisang ini lebih besar dengan warna kulit putih kekuningan saat matang.

Pengolahan terbaik : Pisang ini umumnya diberikan kepada bayi untuk makanan awal. Rasanya sedikit asam dengan aroma yang harum.

13. Pisang Ambon Kuning
Ciri – ciri : Pisang ambon kuning memiliki ukuran yang jauh lebih besar dengan bentuk buah yang melengkung sedikit keatas. Kulitnya tidak terlalu tebal dan daging buahnya akan berwarna kuning putih sedikit kemerahan saat sudah matang.

Keunggulan : Rasanya yang manis dengan aroma yang harum menjadikan buah ini sebagai makanan pencuci mulut. Setiap tandannya pisang ini bisa mencapai 129 buah.

14. Pisang Awak
Ciri – ciri : Pisang awak setiap tandannya terdapat 18 sisir dengan setiap sisir bisa mencapai 11 buah. Panjang pisang ini sekitar 15 cm dengan diameter 4 cm, saat matang buah ini akan berwarna putih kekuningan dengan berat rata-rata 67,5 gram.

keunggulan : Bagi ibu hamil yang kelak akan mempunyai bayi disarankan untuk memberikan pisang awak ini untuk balitanya. Sebab ini merupakan buah yang bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan balita.

15. Pisang Lampung
Ciri – ciri : Pisang lampung hampir serupa dengan pisang mas. Hanya saja perbedaannya terletak pada ujung buahnya. Jika diperhatikan dengan baik ujung pisang lampung lancip sedangkan pisang mas tumpul.

Setiap tandannya pisang lampung terdiri dari 6-8 sisir dengan tiap sisir terdiri dari 18-20 buah. Jenis pisang ini dapat disajikan sebagai makanan pencuci mulut karena rasanya yang manis dan aroma yang harum.

16. Pisang Kapas
Ciri – ciri : Hanya cocok untuk produk olahan. Aromanya kurang namun rasa pisang ini manis. Setiap sisirnya terdiri dari 15 buah. Panjang buahnya mencapai 6 cm dengan bentuk kulit yang cukup tebal dan berwarna kuning dengan sedikit berbintik hitam.

17. Pisang Tongkat Langit
Ciri – ciri : Banyak ditemukan di daerah Maluku. Tandan buahnya yang menuju keatas kemudian warna buahnya berwarna merah jingga.

Keunggulan : Menurut orang Maluku mneyebut pisang ini sebagai obat yang mujarab penyakit kuning.

Ukuran : Setiap sisirnya pisang ini meliki berat 1,2 kg dan panjang setiap buahnya 20 cm dengan diameter 13 cm.

18. Pisang Kidang
Ciri – ciri : Warna merah jingga, daging buah warna putih.

Keunggulan : Umumnya pisang jenis ini dijadikan makan pencuci mulut karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum.

Setiap tandannya terdiri dari 5-7 sisir dengan tiap sisir berisi 13 buah. Setiap buah meliki berat 120 gr dengan panjang 12 cm.

19. Pisang Badak
Ciri – ciri : Warna hijau kekuningan jika sudah matang. Kulit yang tebal. Bentuk buah pisang ini sedikit melengkung dengan ujung lancip.

Keunggulan : Rasa pisang badak manis dengan tidak memiliki biji. Setiap pohon pisang badak bisa menghasilkan 180 buah pisang dengan rata-rata per buah 75 gram.

20. Pisang Raja Uli
Ciri – ciri : Satu spesies dengan pisang raja namun pisang ini cocoknya untuk olahan makanan. Karena rasanya yang manis dan beraroma harum.

Setiap tandannya terdiri dari sedikit 5 sisir sampai 8 sisir. Dengan berat tiap buah 120 g. Pisang ini enaknya direbus atau dijadikan gorengan untuk hidangan sore hari.

Begitulah sekilas tentang pisang pisang terpopuler di Indonesia. Untuk kalian yang ingin berusaha membuka usaha pisang goreng krispy PISANGKU KREZZ, segera hubungi kami di +62 (21) 545-9782 atau +62 87888556165

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
error: Content is protected !!
Chat dengan kami
Ingin informasi lebih lanjut?
Hallo, apa yang dapat kami bantu?
Powered by